Kuliner Tren Bisnis di Indonesia

  • Bagikan

Nusantara Satu-Bisnis kuliner di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Berdasarkan Go-Food Business Intelligence Report 2018. Ada empat kategori kuliner yang saat ini menjadi tren hampir di semua kota besar di Indonesia, yakni bisnis makanan pedas bernuansa geprek, makanan dan minuman yang mengandung keju, minuman kopi lokal, makanan dan jajanan dengan rasa Salted Egg. Berangkat dari peluang yang sangat besar untuk berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis kuliner di Jakarta, maka Modal Rakyat sebagai peer to peer lending di Indonesia mendukung terselenggaranya ‘Cooking Class for Business – Kreasi Cheese Stick’ bersama Forum Wartawan Lifestyle.

“Para pelaku usaha rumahan bisa merintis bisnis mulai dari makanan ringan yang dijual secara online. Harapannya bisa berkembang menjadi bisnis yang lebih besar dengan adanya pengelolaan keuangan yang  tepat. Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar, melainkan bisa juga bisa dimulai dari modal kecil,” ungkap Hendoko Kwik (Chief Sales Officer Modal Rakyat) saat memberikan edukasi Pentingnya Mengelola Keuangan Dalam Berbisnis.

Modal Rakyat sangat mendukung Ibu-Ibu dalam berkreasi, secara khusus melalui acara ini bersama Forum Wartawan Lifestyle Jakarta. Modal Rakyat telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sejak Juni 2018. Hingga saat ini lebih dari 10.000 Pendana yang telah ikut berkomitmen dalam memajukan inklusi keuangan. Hingga saat ini Modal Rakyat telah mendanai lebih dari 600 Peminjam dengan nilai penyaluran lebih dari Rp 20 Miliar, dimana mencakup pada jenis bisnis di berbagai sektor seperti agen pulsa, perdagangan, IT, logistik, kesehatan, kelautan, otomotif, perikanan dan lain-lain.

“Berbekal pengalaman dari nara sumber professional, kami ingin berbagi ilmu untuk dapat memberikan inspirasi dalam membantu mengembangkan minat masyarakat yang ingin mencoba membuka bisnis masakan secara profesional dalam skala kecil (UMKM) hingga menengah, untuk itu kami bekerjasama dengan MODAL RAKYAT yang membantu memberikan arahan bagaimana berbisnis untuk peserta yang ingin memulai bisnis terutama dari sisi permodalan,”ungkap, Ketua Fowarlife, Nina Karlita.

Modal Rakyat sebagai peer to peer lending karya ‘anak bangsa’ tentu mengedepankan satu pesan ‘Dari Rakyat untuk Rakyat’. Tidak hanya itu, Modal Rakyat sendiri ke depan akan fokus untuk memberikan sarana bagi Peminjam dan Pendana, khususnya pada Peminjam yang memiliki bisnis pinjaman pada toko kelontong dan memperbanyak bisnis kuliner.

“Modal Rakyat hadir di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan UMKM, tidak hanya usaha dengan nilai bisnis dengan omset yang besar. Justru Modal Rakyat fokus pada peminjam yang memiliki bisnis mikro, mulai dari pinjaman Rp 500.000-Rp 1.000.000,”kata, Hendoko Kwik.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi, Paskali, PR Associate Modal Rakyat, M : +62 8222 699 6593, E : [email protected].

Tentang Modal Rakyat

  1. Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) adalah badan hukum yang didirikan oleh para veteran bankir dan startup teknologi dengan pengalaman kolektif lebih dari 40 tahun dan saat ini secara resmi telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Modal Rakyat sendiri adalah Platform teknologi finansial yang mempertemukan antara Pendana (investor) dan Peminjam (borrower) yang umumnya meliputi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dimana Rekan Pendana dan Peminjam dapat melakukan semua aktifitas pinjam-meminjam di www.modalrakyat.id. Adapun Modal Rakyat telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sejak Juni 2018. Hingga saat ini lebih dari 10.000 Pendana yang telah ikut berkomitmen dalam memajukan inklusi keuangan lewat platform www.modalrakyat.id.

Proses pendanaan di Modal Rakyat dapat dilakukan dengan lebih mudah, praktis, dan dapat diprediksi. Pendana memiliki kontrol terhadap jumlah nilai pendanaan yang diinginkan dan dapat mengetahui nilai keuntungan sejak awal.

Keistimewaan Modal Rakyat dibandingkan dengan P2P lain di Indonesia adalah Modal Rakyat menawarkan proteksi tersebut berupa jaminan asuransi kredit beserta pengikatan legalitas yang kuat bagi Pendana, dimana tidak semua P2P di Indonesia melakukan hal ini.

Modal Rakyat telah mengantongi Sertifikasi ISO 27001:2013 sebagai standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi. Beberapa prestasi lain yang pernah diraih oleh Modal Rakyat antara lain adalah memenangkan Australian Award dan Digitaraya Google Launchpad Program 2018.

Siapa saja sosok di balik Modal Rakyat? Siapa sangka bahwa para pendiri Modal Rakyat bukanlah orang Metropolitan, melainkan berasal dari 3 daerah yang berbeda.

Stanislaus Tandelilin (CEO Modal Rakyat) adalah sosok anak muda dari Yogyakarta yang datang ke Jakarta dengan segudang mimpi serta harapan. Memulai karir sebagai seorang Management Associate di salah satu bank ternama di Indonesia, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang Entrepreneur. Bukan sembarang Entrepreneur, melainkan menjadi salah satu pelopor munculnya e-commerce di Indonesia, yaitu Salestock.id (sekarang Sorabel).

Hendoko Kwik (CSO Modal Rakyat), ia adalah lelaki kelahiran Jambi yang memulai karirnya sebagai ‘anak rantau’ di Jakarta hingga akhirnya berkarir di dunia perbankan dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tepatnya di bidang pembiayaan UKM.

Christian Hanggra (CTO Modal Rakyat) adalah lelaki kelahiran Pangkal Pinang yang mengadu nasib di kota Metropolitan. Ia pun menjadi seorang veteran engineer dengan berbagai pengalaman kerja, baik di perusahaan maupun start-up.

Pada 2017 ketiga orang ini bertemu dalam suatu komunitas start-up. Pertemanan mereka membawa pada visi yang sama, terutama mendorong terbangunnya ekonomi inklusif dengan memanfaatkan teknologi finansial. Modal Rakyat menjadi salah satu alternatif pendanaan bagi individu untuk bisa berkontribusi dalam perkembangan UMKM di Indonesia. (Yanti)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *