Beranda Kesehatan ISPA Banyak Diderita Anak Diatas 5 Tahun

ISPA Banyak Diderita Anak Diatas 5 Tahun

619
0

Nusantara Satu-Pekatnya kabut asap beberapa terakhir ini berdampak kepada meningkatkan pasien penderita ISPA (Infesksi Saluran Pernapasan Akut) di Kecamatan Alang Alang Lebar, Palembang, Senin (23/9).

Kepala Puskesmas Alang Alang Lebar, Dr. Hj. Novia Diana Roza, M. kes, mengatakan, penderita ISPA (Infesksi Saluran Pernapasan Akut) banyak di derita oleh anak yang berusia diatas lima tahun.

“Dari tanggal 16-21 September 2019, ada peningkatan kasus ISPA. Terbanyak di usia lima tahun keatas. Usia Sekolah Pendidikan Dasar (SD). Di Kelurahan Talang Kelapa 67 anak, di Kelurahan Alang ALang Lebar 18 anak. Dan luar wilayah sebanyak 6 anak,”ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, upaya yang harus dilakukan oleh keluarga untuk tidak terkena ISPA, gunakan masker. Minum air  putih banyak dan hangat.  Perlaku hidup bersih dan sehat. Dianjurkan anak-anak berada  dalam rumah. Hindari kontak dengan kabut asap diluar rumah terlalu lama, bila tidak penting.  Makan sayur, buah segar dan di cuci terlebih dahulu. Pintu rumah agar ditutup.  Konsultasikan  ke dokter, Puskesmas atau Rumah Sakit terutama ada penyakit Paru dan Jantung.

“Pemerintah Kota Palembang, mengupayakan dengan melakukan, penyuluhan tentang dampak kabut asap dan upaya cegahnya, di Puskesmas. Sosialisasi gunakan masker. Pemantauan surveilans Puskesman tentang kasus ISPA tiap Minggu lalu lapor ke Dinkes Kota Palembang. Ada seruan dari Walikota Palembang dan instansi untuk liburkan Anak Sekolah dan jam kerja mulai  09.00,”ujarnya. (Ajib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here