UIN Menyiapkan Sarjana Unggul, Sukses dan Berkarakter Islam

  • Bagikan

Nusantara Satu-Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, menyelenggarakan kegiatan bertema menyiapkan sarjana unggul, sukses dan berkarakter Islam, dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, 2019, di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (7/2).

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Fatah, Palembang, Mirwan Fastah, mengatakan bahwa  konsekuensi  dari transformasi dari IAIN Ke UIN. Kalau selama ini kita melihat institusi UIN itu secara sederhana adalah IAIN.

“Hari ini sudah bicara universitas yang mau konsekuensi bahwa harus mengakomodir hal-hal yang bersifat global. Terutama terkait dengan hal-hal yang bersifat kemenristek dikti ini yang pertama. Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa 3 tahun terakhir. Ya. katakanlah UIN Raden Fatah itu, telah mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa barunya melalui 5 jalur penerimaan mahasiswa baru, ” katanya .

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, lanjutnya, jalur ini terdiri dari dua kategori, pertama katagori non tes, kedua kategori tes. Katagori non tes itu terdiri dari dua penyelenggara, pertama diselenggarakan oleh kementerian agama, kedua diselenggarakan oleh kementerian riset dan pendidikan tinggi.

“Yang dilaksanakan oleh, kementerian agama itu  dikenal dengan SPAN PTKIN artinya yaitu seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri itu jalur tanpa tes kementerian agam,  kedua tanpa tes dari kementerian riset dan pendidikan tinggi, yakni yang dikenal dengan istilah SNMPTN seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di kementerian pendidikan tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jalur tes juga terdiri dari 3 jenis tes, pertama disebut dengan SBMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri di bawah siapa, ini di bawah kementerian riset dan pendidikan tinggi, kedua jalur tes UM PTKIN yang berarti ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri. Jalur tes dari kementerian agama yakni jalur tes USM ujian saringan mandiri, ini merupakan jalur lokal atau mandiri, di mana dalam pelaksanaannya merupakan produk lokal dari oleh perguruan tinggi kita sendiri.

“Ada sesuatu yang unik dari USM ini, dan alhamdulillah ini juga telah di dituruti oleh beberapa PTKIN yang lain, yaitu kita melakukan tesnya melalui computer based test. Ini, sudah nasional dan insya Allah. Sumsel khusus ya Palembang, menjadi pertama melakukan CBT ini,” katanya.

Sementara itu, Ismail, Wakil Rektor, I, UIN, menyampaikan, sembilan fakultas dimaksud adalah enam fakultas keagamaan (Fakultas Syariah dan Hukum/FSH, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/FITK, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam/FUSPI, Fakultas Adab dan Humaniora/FAHUM, Fakultas Dakwah dan Komunikasi/FDK, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam/FEBI) dan tiga fakultas non keagamaan/umum (Fakultas Sains dn Teknologi/FST, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIP, dan Fakultas Psikologi/FPSI).

“Para calon mahasiswa peminat prodi-prodi umum dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan peminat prodi-prodi keagamaan dapat mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,UIN Raden Fatah pada tahun 2019 akan menerima mahasiswa baru sebanyak 4.000 orang untuk Sembilan fakultas dan 36 program studi,”ungkapnya.

Dia menuturkan, disisi lain, untuk jalur Ujian Mandiri/UM UIN Raden Fatah menerima calon mahasiswa baik peminat prodi-prodi keagamaan maupun umum. Kuota mahasiswa yang akan diterima di jalur UM maksimal 30 % sesuai aturan Kemenristekdikti.

“Tambahnya, Jadwal SPAN-PTKIN, yakni               Pengisian PDSS 23 Januari – 28 Februari 2019, Verifikasi PDSS23 Januari – 28 Februari 2019, Pendaftaran         23 Januari – 28 Februari 2019. Sedangkan untuk proses seleksinya. Tahap I:  8 – 15 Maret 2019,     Tahap II:  20  – 22  Maret 2019, Pengumuman Hasil Seleksi: 1 April 2019, Daftar Ulang Peserta Lulus: 6 – 10 Mei 2019

Sedangkan, Jadwal UM-PTKIN, yakni Pembayaran: 2 – 29  April 2019, Pendaftaran Ujian Tulis: 2  – 30 April 2019, Pelaksanaan Ujian Tulis: 28 Mei 2019. Pengumuman Hasil Ujian: 1 Juli 2019 dan Pendaftaran Ulang: 2 – 9 Juli 2019 . Untuk Jadwal Ujian Mandiri. Pendaftaran Online 10 Juni – 13 Juli 2019,           Ujian CBT 15 – 20 Juli 2019, Pengumuman Hasil Ujian 26 Juli 2019. Registrasi/Verifikasi UKT Online dan penyerahan serta Verifikasi Berkas 29 Juli – 2 Agustus 2019, Pembayaran UKT 29 Juli-2 Agustus 2019,”ujarnya. (Yulie Afriyani)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *