Beranda PALI Jalan Rusak Parah Diduga Tidak Sesuai dengan Spek dan RAB

Jalan Rusak Parah Diduga Tidak Sesuai dengan Spek dan RAB

953
0

Nusantara Satu-Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (SUMSEL). Kabupaten Pali adalah kabupaten baru berumur enam tahun dan sedang Gencar-gencarnya membangun, salah satunya dalam bidang Inprastruktur, Jumat (19/4).

Pembangunan hampir merata dari kota sampai ke pelosok desa, salah satunya Peningkatan Pembangunan jalan Handayani-Talang Anding-Sumberejo,jalan ini sengaja di bangun untuk pengembangan kota, yang lebarnya kurang lebih 13 meter beserta bahu jalan.

Pemenang proyek Pembangunan ini di menangkan oleh Perusahaan PT. LINCE ROMAULI RAYA.

Nama Lelang : Peningkatan Jalan Handayani – Talang Anding – Sumberejo (SMI) Kategori Pekerjaan Konstruksi Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Satuan Kerja DINAS PEKERJAAN UMUM

Pagu Rp 60.000.000.000,00. HPS Rp 60.000.000.000,00

Nama Pemenang PT. LINCE ROMAULI RAYA .AlamatJl. Ampera V No.41 Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara – Jakarta Utara (Kota) – DKI Jakarta NPWP01.304.520.8-046.000. Harga PenawaranRp 59.254.070.000,00.

Sangat disayangkan Proyek sebesar itu di duga di kerjakan asal-asalan oleh Pihak ketiga yang memenangi lelang pekerjaan tersebut, Pihak PT.LINCE ROMAULI RAYA.

Adalah perusahaan dari luar kabupaten PALI seharusnya bisa mencontohkan kepada Pengusaha pali dengan hasil pekerjaan yang berkualitas,” namun yang di dapat malah hasil yang di duga tidak sesuai dengan SPEK dan RAB dari dinas terkait PU. BINA MARGA.

Setelah mendapat laporan dari berbagai sumber dan masyarakat kabupaten Pali tentang buruknya hasil pembangunan jalan tersebut kami dari pihak Media langsung meluncur ke tempat pembangunan peningkatan jalan Handayani-Talang Anding-Sumberjo, ternyata benar adanya apa yang telah di laporkan masyarakat kepada kami pihak media.

Setelah kroscek dari tempat tersebut kami pihak media langsung menkonfirmasi ke kepala Dinas PU.BINA MARGA Kabupaten PALI Etti Muniarty. Berhubung beliau tidak ada di tempat kami konfirmasi melalui via Watshap.

Asalam mualaikum buk,maaf mengganggu

Mau izin menghadap untuk konfirmasi, mengenai jalan lingkar polres kabupaten Pali peningkatan jalan Handayani-Talang Anding-Sumberejo. Ini salah satu yang ingin di konfirmasi, kenapa kok belum satu tahun pembangunan sudah banyak yang hancur,retak,dan jalan bergelombang ?

Kemudian beliau menjawab

Iyo dindo, saat ini masih dalam audit BPK dan belum selesai. Mengenai detail pertanyaan diatas,cubo langsung ke PPK nyo pak hendi. Yang pasti,kito akan jalankan segala sesuatu nyo sesuai ketentuan yg berlaku.

Beliau menyarankan konfirmasi langsung ke pak Hendi yang menjabat sebagai Pejabat Pemberi Kuasa (PPK) dari dinas PU BINA MARGA.

” Kami pihak media sengaja berkonsultasi dan minta pendapat pada beberapa narasumber yang memang menguasai dibidangnya alias pelaku jasa konstruksi  baik bidang konsultan perencanaan, pengawasan maupun Kontraktor kontruksi. ZN (38),dan ASN (40).

Saya ZN (38) dan teman saya ASN(40) sebagai Putra Daerah Pali Yang bergelut di bidang  Jasa Konstruksi (red. Konsultant maupun Kontraktor) sangat teriris melihat hasil dari Pembangunan di bidang Inprastruktur yang ada, salah satunya adalah pembangunan peningkatan jalan Handayani-Talang Anding-Sumberejo, proyek sebesar itu di duga di kerjakan oleh pihak ketiga  hanya memprioritaskan “Profit Oriented” hingga dalam pelaksanaan Saya kira Melalaikan metoda pelaksanaan maupun persyaratan Teknis yang di isyaratkan, Seperti Base, sub Base, material, maupun Kualitas Beton sendiri, sehingga  hasil Pekerjaan berdampak pada kuat beton, usia beton. Bisa dilihat dari gejala awal yaitu aus beton, retak-retak, penurunan jalan akibat muatan gandar kendaraan.

Namun ini pekerjaan yang komplek artinya sinergi Perencaan, Pelaksanaan dan Pengawasan yang di tunjuk oleh stek holder dalam hal ini SKPD terkait (Red. Dinas PU Bina Marga Kab. PALI).

Saya duga ketiga element penting ini kurang melakukan koordinasi maupun rekoordinasi yaitu peran dan fungsi Supervisi – Kontraktor dan Dinas Terkait.

Jika pengawasan  dan Koordinasi rutin tiap permasalahan maupun perkembangan kegiatan, untuk memenuhi tuntutan persyaratan yang di isyaratkan serta mengacu pada metoda pelaksanaan tentu  hasilnya di duga tidak seburuk itu.” ujarnya, saat di konfirmasi awak media.

Kami selaku masyarakat berharap kepada pihak yang berwenang untuk menindak tegas siapapun yang di duga merugikan Negara, karena uang negara adalah uang rakyat dan jangan biarkan seseorang untuk memperkaya dirinya sendiri dengan korupsi.

Menurut KR (42), seperti pembangunan jembatan besi yang ada di sumberjo sampai sekarang tidak berlanjut di bangun tetapi di posisi tergantung dan sampai saat ini belum bisa di lewati dan masyarakat harus melewati jembatan sementara yang terbuat dari kayu yang sangat minim.

Setelah mendapatkan informasi dari beberapa narasumber kami langsung ke dinas PU Bina Marga, Kabupaten Pali, bertujuan menghadap, Hendi, selaku Pejabat Pemberi Kuasa( PPK), seperti yang telah disarankan Kepala Dinas PU.Bina Marga Etti Muniarty kepada kami dari pihak media. Namun yang bersangkutan jarang ada di kantor setiap kami ke dinas tersebut, lalu kami meminta no kontak Hendi yang bisa di hubungi, namun beberapa pegawai yang kami tanya bilang tidak ada no kontak pak Hendi. (Nanang Paulus)

Artikulli paraprakLewat Stand Up Comedy RESEI-PALI Ajak Pelajar Kritisi Masalah Sosial
Artikulli tjetërKerja Keras Vesjam Perlahan Membuahkan Hasil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini