Beranda Palembang Kesbangpol Sosialisasi Pemilih Perempuan Pemilu 2019

Kesbangpol Sosialisasi Pemilih Perempuan Pemilu 2019

385
0

Nusantara Satu-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang menggelar Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Kaum Gender, dengan tema ‘Kita tingkatkan partisipasi politik perempuan dalam Pileg dan Pilpres tahun 2019, gelar di Grand Atiyasa, Rabu (20/2).

Kabid Politik Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kurniawan Kantinoko, mengatakan,  pihaknya mengapresiasi penyuluhan pendidikan politik bagi perempuan yang diselenggarakan Kesbangpol Palembang.  Karena realita,  angka partisipasi pemilih pada pemilu 2014 dan pilgub 2018 terjadi penurunan.  Pada Pilpres 2014 persentase partisipasi pemilih 76,49 persen, sedangkan  partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 turun menjadi 70 ,9 persen.

“Angka partisiasi pemilih pada Pilgub 2018 itu baik,   tapi belum memenuhi target pusat 77,5 persen,”katanya.

Dia menuturkan,  kaum perempuan dipilih,  karena secara rill jumlah pemilih perempuan dominan.  Kendati demikian, perempuan bukan semata -mata obyek politik.

“Untuk kuota keterwakilan perempuan di legislatif sebesar  30 persen.  Namun  berdasarkan data,  di DPRD Sumsel yang duduk hanya 15 orang dari 75 orang anggota DPRD. Sedangkan kuota keterwakilan di DPRD kabupaten dan kota rata-rata 17,3 persen. Kita berharap dengan pendidikan politik,  wanita tau hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Kita juga sepakat menolak hoak,  sara,  money politik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, peran pendidikan politik,  bukan hanya peran domain pemerintah.  Namun seluruh komponen ikut berkontribusi  memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

“Misalnya parpol,  mereka mendapat bantuan dana dari pemerintah. Dana tersebut mestinya digunakan untuk memberikan pebdidikan politik ke masyarakat bukan hanya kadernya saja,” ujarnya. (Marzuki)

Artikulli paraprakGemakan Pariwisata, SMSI Sumsel Jalin Kerja Sama dengan GIPI
Artikulli tjetërPB Fajar Cempako Gelar Kejuaraan Bulutangkis Se-Sumsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini