Global Wakaf Membangun Sumur Wakaf untuk Masyarakat

  • Bagikan

Nusantara Satu-Lembaga Sosial kemanusiaan, ACT Sumsel melalui Global Wakaf, kembali membangun sumur wakaf untuk warga. Kali ini berlokasi di jalan Dayang Rindu Keramasan, RT 03 RW 01,Kecamatan Kertapati, Palembang, Rabu (3/7).

Desa Keramasan sendiri merupakan salah satu wilayah yang belum tersentuh penyediaan air bersih PDAM, setiap hari para warga memanfaatkan air sungai sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Namun, kondisi sungai yang terletak di antara pabrik karet dan pabrik sawit menyebabkan sungai ini tercemar limbah pabrik.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu warga, Lastri (38), bahwa kondisi sungai yang berada di antara dua pabrik menyebabkan air sungai sering tercemar limbah pabrik, disamping itu belum adanya penyediaan PDAM membuat warga terpaksa harus menggunakan air sungai sebagai satu-satunya sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

“Disini belum ada PDAM mbak, jadi sehari-hari kami mengangkut air sungai menggunakan gerobak untuk dipakai mandi dan mencuci, tapi air sungai itu terkadang membuat badan jadi gatal-gatal, warnanya juga kuning bahkan hijau, karena tercemar limbah pabrik apalagi di musim kemarau begini,”jelas Lastri.
Sumur yang diresmikan sore ini sudah mencapai tahap finishing, ini terlihat dari derasnya air sudah mengalir dari kran air, sehingga sudah dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Selain membangunkan sumur, selanjutnya tim Global Wakaf juga akan meneruskan pembangunan berupa MCK dan tempat mencuci di samping lokasi sumur wakaf,”ungkapnya.

Ardiansyah, selaku Branch Manager ACT Sumsel, menerangkan bahwa sumur wakaf ini merupakan ikhtiar yang dilakukan ACT sebagai upaya membantu masyarakat di desa Keramasan untuk memperoleh air bersih di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah sumur wakaf ini merupakan bagian ikhtiar dari ACT Sumsel untuk membantu warga disini supaya mendapatkan air bersih yang layak, apalagi ini sudah memasuki musim kemarau, selanjutnya kami juga akan membangunkan MCK dan tempat mencuci di samping sumur ini, supaya dapat memberikan manfaat lebih kepada warga disini, adapun dana pembangunan sumur wakaf ini merupakan donasi dari wakif tetap ACT yang mengamanahkan hartanya untuk di wakafkan melalui ACT,”kata dia.

Selain di Keramasan, ACT Sumsel juga menargetkan pembangunan wakaf sumur di 20 titik lainnya yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan, bagi yang ingin berkontribusi menyalurkan hartanya melalui wakaf, ACT Sumsel membuka kesempatan melalui rekening khusus wakaf di ( 66 0000 940 ) a.n Yayasan Global Wakaf dan konfirmasi melalui WA di 081369007979. (Akip)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *