Beranda Sumsel BANPT Dorong Percepat Studio-studio dan USS TV Streaming

BANPT Dorong Percepat Studio-studio dan USS TV Streaming

41
0

Nusantara Satu-Fasilitas-fasilitas Studio dan Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan (USS) mendapat apresiasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Republik Indonesia. Hal itu terungkap ketika Asesmen Lapangan (AL) Prodi Ilmu Komunikasi selama dua hari, 23-24 Juni 2021. Fasilitas tersebut antara lain Studio USS TV (streaming), USS Radio (streaming), Podcast, Dubbing,
Laboratorium/Studio Fotografi, dan Multimedia. Mahasiswa Fikom USS juga menampilkan berbagai hasil karyanya dalam bentuk multimedia konvergensi antara Video konten kreatif, Foto, dan YouTube. Baik karya sebagai tugas kuliah, menang lomba, maupun mendapat order dari pihak ketiga.

“Kami melihat keseriusan dari Yayasan dan Pimpinan USS dalam memberikan fasilitas-fasilitas berupa laboratorium studio USS TV streaming, USS Radio, Podcast, dan Fotografi. Kami harap ke depan fasilitas-fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara optimal. Silakan percepat USS TV Streaming, USS Radio, Fotografi, Podcast, dan Studio-studio Ilmu Komunikasi,” kata Dr. Catur, salah seorang Asesor dari BAN-PT secara daring kepada tim Akreditasi Ilmu Komunikasi, USS, Kamis (24/6/2021).

Untuk Visi Misi Ilmu Komunikasi USS, lanjut Catur, Visi Misi Ilkom/Fikom USS sudah jelas yaitu Entrepreneurship. “Visi Misinya sudah bagus dan jelas. Visi misinya memunculkan visi misi yang berbeda dengan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi lain. Visi misi ini juga sesuai dengan Visi Misi USS, Entrepreneur University. Silakan perkuat dan pertajam Visi Misi ini, perbanyak Mata Kuliah tentang Entrepreneur dalam kurikulum dan masukan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Medeka). Apalagi koneksi jejaring Fakultas Ilmu Komunikasi sudah sangat banyak, silakan terus dikembangkan,” kata Dr. Catur memberi semangat.

Hal senada disampaikan Dr. Gatut, Asesor lainnya dari BANPT RI. “Saya percayai dosen-dosen Ilmu Komunikasi USS akan serius menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Itu sudah kelihatan dari semangatnya, juga sangat cepat dalam mengembangkan Fakultas Ilmu Komunikasi. Tapi jangan lengah, terus lakukan percepatan dan lompatan-lompatan agar Ilmu Komunikasi USS makin cepat berkembang,” ujar Dr. Gatut.

Selain memperbanyak jaringan kerjasama, lanjutnya, Ilmu Komunikasi USS harus lebih banyak lagi melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). “Saya melihat semangat itu sudah ada, bahkan sudah dilakukan. Tapi, harus terus ditingkatkan. Saya yakin bisa, karena kami sudah melihat semangat dan keseriusan Dekan, Kaprodi, dan para Dosen Ilmu Komunikasi USS selama proses akreditasi ini,” ujar Dr. Gatut memberi arahan.

Terkait Akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi USS, Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, PhD, mengatakan, akreditasi ini merupakan hal penting untuk Ilmu Komunikasi, bahkan untuk USS. “Akreditasi adalah hal penting bagi kami. Oleh karena itu, tim kami sudah sangat serius menyiapkannya. Bukan hanya disiapkan ketika akan akreditasi, tetapi memang sudah dilakukan selama proses perkuliahan dan berjalannya kampus USS ini. Saya yakin dan percaya semua Dosen dan Tenaga Kependidikan USS sangat serius dan komitmen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,” ujar Yudha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here