Beranda Palembang Petugas Lapangan Dinas PUPR Palembang Cepat Turun Atasi Genangan Air

Petugas Lapangan Dinas PUPR Palembang Cepat Turun Atasi Genangan Air

143
0

Nusantara Satu-Banjir yang menyebabkan genangan air di Jalan Bening Sari, Kelurahan 20 ilir D2, Kecamatan Kemuning, tepatnya di Rt. 10 dan Rt.11, Rw 03, akses jalan dibelakang RS. Hermina, Palembang dengan cepat ditangani oleh pihak Dinas PUPR dengan menurunkan petugas lapangan.

Hal ini sebagaimana disampaikan langsung oleh salah satu Tokoh Pemuda Pergerakan Sosial kemasyarakatan, Hendriyanto, ketika dimintai keterangannya lewat pesan Whatsapp pada Sabtu, 26/11/22 kepada wartawan mengatakan bahwa hujan dengan intensitas kecil menimbulkan genangan air karena disebabkan saluran parit yang sempit, sehingga ada penumpukan sampah. Hal ini terjadi hingga 8 jam lebih genangan air setinggi dengkul.

“Karena itulah, kita berkoordinasi kepada Ketua RW 03, Muryono, Ketua RT. 10, Nurwahyu dan Ketua RT. 11, Murdani untuk menyikapi genangan air tersebut. Kemudian kita juga berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ir. H. Ahmad Bastari dan Petugas Lapangan PUPR, Samson, serta Staf Monev PUPR, Ibu Desti,” ujar Hendriyanto.

Hendriyanto juga mengatakan bahwa hasil dari koordinasi berbagai pihak tadi kemudian dengan cepat petugas lapangan dari Dinas PUPR Palembang datang ke lokasi banjir.

“Petugas lapangan langsung turun ke lokasi berjumlah kurang lebih 10 orang, dan satu unit mobil truk kuning, membersihkan titik selokan yang terjadi penumpukan sampah di jalan tersebut. Kurang dari satu jam, genangan air dapat dengan cepat surut dan warga sangat senang sekali cepat tanggapnya petugas lapangan pengendali banjir dari Dinas PUPR Palembang. Harapan warga agar ada solusi, karena sudah sekian lama mereka menanggung akibat dari banjir ini. Dirasa sangat perlu di lebarkan parit-paritnya, karena parit tersebut tidak langsung tembus ke sungai (Dam) melainkan terjadi pembelokan akibat penumpukan sampah,‚ÄĚkata Hendriyanto.

Selain itu, Kadis PUPR Palembang, Ir. H. Ahmad Bastari kepada wartawan mengatakan bahwa terkait permasalahan banjir ataupun genangan air perlu adanya kerja sama berbagai pihak dan tentunya didukung oleh kolam-kolam rentensi dan pembersihan parit-parit serta penambahan pompa air yang ada di Kota Palembang.

“Kita juga berharap ada kesiapsiagaan masyarakat bersama-sama tim untuk menghadapi banjir karena penyelesian masalah banjir ini tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri tanpa ada bantuan masyarakat lainnya. Seperti yang terjadi disini, di Jalan Bening Sari, Kelurahan 20 ilir D2, Kecamatan Kemuning, tepatnya di Rt. 10 dan Rt.11, Rw 03, dimana ada tokoh pemudanya dan pemuka masyarakat serta Ketua RW, Ketua RT dengan sigap berkoordinasi dengan tim lapangan dari Dinas PUPR serta bekerja bersama membersihkan parit agar genangan air dapat mengalir,” ujar Bastari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here