Pemprov Sumsel Meresmikan Infrastruktur Irigasi di Kabupaten Lahat

  • Bagikan

Nusantara Satu-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) melakukan Peresmian Infrastruktur Irigasi Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019 – 2022 dan Kick Off Rehabilitasi Irigasi tahun 2023. Bertempat di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat, Minggu (10/09/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Bupati Lahat H Cik Ujang SH, Anggota DPR Provinsi Sumsel, Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi ST, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Sumatera Selatan Ir H Herwan MM, Sekertaris Daerah Kabupaten Lahat Chandra SH MM, TBUPP, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lahat, Camat Tanjung Tebat, Camat Mulak Ulu, Camat Mulak Sebingkai, Camat Kota Agung, dan tamu sesuai undangan.

Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan Bersama ini dapat kami laporkan bahwa Gubernur Sumatera Selatan Bapak H Herman Deru, selama 5 Tahun kepemimpinan kami telah banyak memberikan belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemerintah Kabupaten Lahat untuk pembangunan infrastuktur jalan, jembatan, sumber daya air, permukiman, kesehatan, pertanian dan perkebunan. Untuk di tahun 2023 Gubernur Sumsel telah menggelontorkan belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemerintahan Kabupaten Lahat sebesar Rp 147.500.000.000 (Seratus Empat Puluh Tujuh Milyar Lima Ratus Juta Rupiah).

“Kami ucapkan Terima kasih kepada Bapak Gubernur Sumsel atas bantuan pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Untuk itu, masih lanjutnya, kami sangat mengharapkan kepada Gubernur Sumsel untuk terus dapat memperbaiki Daerah Irigasi yang menjadi kewenangan Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Lahat.

“Yang sangat diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Lahat untuk Mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan,” tutup Cik Ujang.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menuturkan, Dengan adanya pembangunan irigasi, diharapkan dapat meningkatkan produktiftas dari sektor pertanian dan perkebunan serta dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kemarau panjang yang saat ini sedang kita alami bersama.

“Pemerintah Provinsi Sumsel berupaya menjaga stabilitas hasil panen menghadapi dampak suhu iklim yang tinggi akibat El Nino, dengan terus mengebut peningkatan kualitas infrastruktur pada sejumlah sarana dan prasarana penunjang produktivitas pertanian,” tuturnya.

Herman Deru menyebut, pembangunan irigasi yang melintas di sekitar areal persawahan bertujuan memastikan distribusi air dapat mengaliri tanaman yang mengandalkan pasokan irigasi teknis. Sementara, Jalan Usaha Tani dibangun untuk mempermudah akses penunjang aktivitas petani, termasuk mengangkut hasil panen.

Tak lupa dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lahat yang saat ini menjabat, karena beliau sangat memperhatikan dalam bidang infrastruktur pembangunan di Kabupaten Lahat.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *