Beranda Sumsel Pemprov Sumsel Maksimalkan Fungsi Laboratorium Lingkungan

Pemprov Sumsel Maksimalkan Fungsi Laboratorium Lingkungan

352
0

Nusantara Satu-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan mendapat bantuan dari lembaga Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan, Badan Penelitian dan Inovasi-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3KLL, BLI-KLHK) berupa  mobil laboratorium lingkungan.

Kepastian  akan adanya bantuan mobil laboratorium yang  fokus dalam menguji kesehatan lingkungan tersebut diungkapkan  Wakil Gubernur Sumsel Ir H. Mawardi Yahya  saat membuka pertemuan sinergi peran Laboratorium lingkungan dalam mendukung Early Warning System (EWS)  atau sistem peringatan/deteksi dini terhadap bencana lingkungan tahun 2019, di Hotel Novotel Palembang, Kamis (24/10).

“Provinsi Sumsel akan diberikan mobil laboratorium lingkungan oleh pemerintah pusat   sebagai sarana  media quick respons ketika terjadi keluhan dari masyarakat terutama yang terkait dengan masalah lingkungan ,” tegasnya.

Mawardi Yahya dalam kesempatan ini juga mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat terhadap Provinsi Sumsel yang bergitu peduli dengan masalah lingkungan di Sumsel sehingga mobil laboratorium diberikan yang rencananya akan didatangkan ke Palembang  bulan desember mendatang.

“Saat ini masalah lingkungan hidup merupakan isu strategis dan penting yang telah menjadi fokus perhatian bersama dalam pembangunan baik tingkat nasional maupun daerah,” tambahnya.

Dia menyebut, jika merujuk pada pelaksanaan Otonomi Daerah dengan terbitnya UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah maka akan semakin mempertegas peran dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam  melaksanakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dia juga menambahkan harmonisasi peningkatan kapasitas daerah dalam mendukung pengelolaan kualitas lingkungan menjadi ujung tombak  dalam  menyediakan data yang berkaitan dengan lingkungan terutama yang berkaitan dengan pengawasan dan penegakan hukum.

“Laboratorium lingkungan ini nantinya harus dikelola oleh  SDM yang kompeten ditunjang dengan  peralatan yang lengkap serta dukungan alokasi pembiayaan operasional,” harapnya. (Akip)

Artikulli paraprakProgres Pengerjaan Pompanisasi Sungai Bendung Mencapai 92 Persen
Artikulli tjetërDishub Palembang Bakal Tertibkan Parkir Liar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini