Beranda Ogan Komering Ulu Selatan Langkanya Oksigen RSUD Muara Dua Terpaksa Rujuk Pasien

Langkanya Oksigen RSUD Muara Dua Terpaksa Rujuk Pasien

161
0

Nusantara Satu-Pasokan oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dan pasien umum di sejumlah Rumah Sakit (RS) di berbagai daerah mengalami kritis. Tak terkecuali di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumsel.

Bahkan, pasokan oksigen yang ada saat ini diperkirakan hanya tinggal beberapa jam saja. Informasi mengenai menipisnya pasokan oksigen ini disampaikan Direktur RSUD Muaradua, dr Erick Destiano, melalui Kasi Keperawatan, Sudibiyo., SKM.,MM, saat disambangi di ruang kerjanya pada, Senin (12-07-2021).

Dikatakan Sudibiyo stok oksigen yang tersedia diperkirakan hanya cukup untuk beberapa jam saja. Kelangkaan oksigen ini bukan hanya terjadi di OKU Selatan saja namun di berbagai daerah.

“Untuk saat ini, mungkin tinggal beberapa jam lagi akan habis,” jelasnya.

Lebih lanjut Sudibiyo, mengatakan adanya kelangkaan oksigen tersebut pihaknya dari Minggu malam hingga hari ini telah merujuk 5 orang pasien yang membutuhkan oksigen ke RSUD Martapura.

“Karena kelangkaan itu dan kondisi pasien membutuhkan oksigen jadi terpaksa kami rujuk ke rumah sakit terdekat,”ungkapnya.

Selain itu tambah Sudib, untuk mengantisipasi kelangkaan oksigen, RSUD sendiri saat ini menggunkan 10 unit Oksigen concentrator, bantuan dari Dinas Kesehatan OKU Selatan.

Ia optimis, alat tersebut bisa membantu pasien di tengah stok tabung oksigen yang saat ini terbatas. Terlebih, secara penggunaan mudah dan praktis.

Penggunaannya mudah, selama ada listrik. Jadi bisa digunakan untuk pasien di rumah sakit yang benar-benar membutuhkan, karena alatnya ringan dan portable,” kata dia.

Sudibibyo juga mengatakan, untuk pasokan oksigen di RSUD Muaradu sendiri, diperkirakan akan datang malam ini sebanyak 90 tabung.

“Jika nanti pasokan oksigen tersebut tiba, maka kondisi saat ini bisa diatasi, dan RSUD tidak perlu merujuk pasien,”pungkasnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, dr Meri Astuti., MM, mengatakan, terkait kelangkaan O2 (Oksigen), pihaknya telah melakukan pembahasan terkait langkah-langkah dalam mengantisipasi kelangkaan tersebut.

“Salah satu yang telah kami lakukan saat ini, menyalurkan 10 unit Oksigen concentrator milik Pusekesmas,”jelas Meri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here