Beranda Jakarta Dinsos DKI Menggelar Rapat Koordinasi Tim LDP

Dinsos DKI Menggelar Rapat Koordinasi Tim LDP

11
0

Nusantara Satu-Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) di Jakarta, Jumat (10/1). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Sosial, Mariana, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Tarmijo Damanik dan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Susi Dwi Harini, serta sejumlah pegawai Dinas Sosial DKI Jakarta dan Mitra Kerja Dinas Sosial yang bergerak dalam LDP.

Dalam kesempatan tersebut, Mariana kembali mengingatkan tugas Dinas Sosial DKI Jakarta dalam penanganan bencana, selain menyalurkan bantuan pangan siap saji, natura  dan logistik, tapi juga melakukan pendampingan mental, spiritual dan psikologis kepada korban bencana/penyintas yang Bersatu dalam Tim LDP Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini melibatkan tenaga terlatih dari berbagai unsur, diantaranya Pegawai Dinsos DKI  yaitu Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial,  Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Pelopor Perdamaian, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia ( IPSPI) DKI Jakarta. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pembagian tugas satuan kerja perangkat Daerah dalam Penanggulangan Bencana.

Mariana pun berpesan kepada Tim LDP yang hadir, agar selalu menanamkan empati dan peduli kepada korban bencana dengan menjalankan prinsip-prinsip  LDP.

“Hal-hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah identifikasi  dan asesmen bagi korban banjir terutama anak, lansia ibu hamil atau menyusui, apakah kebutuhannya terpenuhi, serta menggali permasalahan -permasalahan yang dialami para penyintas. Disamping itu memberikan pengisian waktu luang dengan berbagai kegiatan terutama anak-anak dalam bentuk berbagai aktifitas bermain, menggambar, puzzle dan bernyanyi,” terang Mariana.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai sejumlah permasalahan, yakni mengenai mekanisme LDP dan  kesiapan materi yang akan disampaikan hingga tools atau peralatan-peralatan, form-form identifkasi dan assessment yang digunakan saat kegiatan LDP dilakukan. Tak hanya itu, pembagian tugas dan jadwal saat penanganan korban bencana banjir maupun kebakaran, juga diperlukan.

“Kami belajar dari kejadian kemarin. Setelah kami data lagi, ternyata tim LDP di Provinsi DKI itu mencakup banyak instansi. Ada dari Dinas Kesehatan, BPBD dan dari Kemensos RI. Nah, disini  kami perlu  mengiventarisir siapa saja yang termasuk dalam tim LDP. Jadi nanti saat di lapangan, tidak tumpang tindih sehingga tim LDP juga dapat disebar di titik-titik posko pengungsi lainnya,” ujar Mariana.

“Jangan lupa koordinasi dengan Kelurahan, Tim Kesehatan yang dari  puskesmasnya. Sehingga saat di lapangan, tim LDP dapat saling bersinergi bekerja sama  dengan berbagai SKPD maupun relawan-relawan dari masyarakat,” tandasnya Mariana. (IS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here