Beranda Jakarta Universitas Indonesia akan Menempatkan Dokter PPDS

Universitas Indonesia akan Menempatkan Dokter PPDS

28
0

Nusantara Satu-Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam menandatangani perjanjian kerjasama mengenai Sistem Kesehatan Akademik bertempat di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2019). Nantinya FKUI akan melakukan penempatan Dokter PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) untuk praktek dipanti tersebut.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengungkapkan kerjasama ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam menangani permasalahan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) / Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) utamanya di Provinsi DKI Jakarta.

“Jadi kami baru meresmikan Klinik Kesehatan di dalam panti, nah keberadaan klinik ini nantinya juga didukung oleh keberadaan dokter PPDS dari FK UI.” Terang Irmansyah.

Sementara itu, Dekan Ari menjelaskan, FKUI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menandatangani nota kesepahaman pada Februari 2019 lalu, kemudian dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Kali ini, perjanjian kerjasama antara FKUI dengan Dinas Sosial DKI Jakarta, merupakan bagian dari nota kesepahaman tersebut, yakni untuk mendukung layanan kesehatan di dalam panti. “Bersama dengan itu, RSKD di DKI Jakarta menjadi jejaringnya FKUI untuk melakukan Sistem Kesehatan Akademi atau Academy Health System (AHS). AHS ini sudah berlaku di dunia.” Terang Ari.

“AHS ini menempatkan posisi, dimana ada proses pelayanan kesehatan, juga harus ada proses pendidikan di dalamnya. Proses kesehatannya berjalan dengan lancar dan pendidikannya juga bertambah. Kalau ada yang bilang dokter-dokter di Indonesia itu ketinggalan, saya bilang tidak. Tingkat ASEAN itu sekarang kami yang mengkoordinir.” Tambahnya Ari.

Sebagai informasi, Dinas Sosial DKI Jakarta melalui Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1 Cengkareng, baru saja meresmikan Klinik Tiendra, satu-satunya klinik yang beroperasi didalam panti sosial. Nantinya, dengan kerjasama ini, FKUI dapat menempatkan mahasiswa/mahasiswinya untuk turut serta sumbangsih dalam klinik ini. (IS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here