Beranda Sumsel 2.693 Jamaah Debarkasi Palembang Kembali ke Tanah Air

2.693 Jamaah Debarkasi Palembang Kembali ke Tanah Air

31
0

Nusantara Satu-Sebanyak 450 jamaah haji kloter 6 Debarkasi Palembang mendarat di Bandara SMB II Palembang, Kamis (22/8) malam, pukul 23.07 WIB. Dengan demikian, total jamaah haji Debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 2.693 jamaah, termasuk 30 petugas.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, embarkasi/debarkasi Palembang musim haji tahun 2019 ini memberangkatkan 8.509 jamaah dengan rincian 7.166 jamaah asal Sumsel, 1.248 asal Babel, dan 95 petugas kloter.

“Dari jumlah itu, 2.693 jamaah sudah kembali ke Tanah Air. Sedangkan yang meninggal di Arab Saudi hingga kini berjumlah delapan orang. Sementara yang masih tertunda pulang karena sakit berjumlah lima orang,” jelas Fajri.

Humas PPIH Debarkasi Palembang H. Saefudin menambahkan, kloter 6 yang datang malam ini merupakan jamaah gabungan dari Palembang dan Ogan Ilir. Jumlah jamaah yang kembali sama dengan jumlah saat berangkat.

“Saat berangkat ke Tanah Suci pada 12 Juli lalu, jamaah kloter 6 berjumlah 450 orang. Pun saat kembali malam ini, jumlah yang datang juga sama, yakni 450 orang. Tidak ada jamaah yang wafat di Arab Saudi maupun tanazul ke kloter lain,” jelas Saefudin.

Terkait proses pemulangan hingga kloter 6, menurutnya sejauh ini berjalan lancar tanpa ada kendali berarti. Juga hampir tidak ada keterlambatan yang signifikan. “Mudah-mudahan kondisi seperti ini terus berlanjut hingga pemulangan kloter terakhir, yakni kloter 19 pada 4 September mendatang,” harapnya. (Ajib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here