Beranda Sumsel KSM Tingkat Provinsi Dilaksanakan Serentak Se-Indonesia

KSM Tingkat Provinsi Dilaksanakan Serentak Se-Indonesia

18
0

Nusantara Satu-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Pendidikan Madrasah akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Tahun 2019. Acara berlangsung besok Rabu (14/08) di Asrama Haji Palembang.

KSM Provinsi dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 14-15 Agustus 2019. Sebelumnya telah dilaksanakan event serupa ditingkat kab/kota Se Sumatera Selatan.

Kakanwil Kemenag Sumsel H.M. Alfajri Zabidi, S.Pd, MM, M.Pd.I melalui Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs. H. Khusrin MPd didampingi Kasi Kesiswaan Dra. Hj. Tati, MPd Selasa (13/8) menjelaskan bahwa besok akan berlangsung kegiatan KSM Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dengan cabang lomba yang diujikan diantaranya tingkat MI: Matematika terintegrasi & IPA terintegrasi, tingkat MTS: Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, tingkat MA : Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, biologi terintegrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi.

Menurutnya, disebut terintegrasi karena soal-soal sains yang diujikan diintegrasikan dengan konsep keislaman, sesuai dengan masing-masing bidang studi.

“Untuk pembukaan Insya Allah akan dilaksanakan besok siang, untuk kompetisinya pada tanggal 15 Agustus 2019 secara serentak se Indonesia,” ujar Khusrin.

Dikatakannya, pada KSM kali ini dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer, yaitu Computer Based Test (CBT). Lokasi pelaksanaan tes di beberapa madrasah yaitu MAN 2, MAN 3, MTsN 2 Palembang.

“Pesertanya adalah siswa siswi madrasah dan juga ada siswa siswi sekolah dari seluruh kabupaten kota se Sumsel, jumlah total peserta 447 siswa,” pungkas Khusrin.

Dijadwalkan acara pembukaan KSM Insya Allah akan dilaksanakan besok, Rabu 14 Agustus pukul 14.30 Wib, bertempat di Aula Asrama Haji Palembang yang akan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sumsel, H. M. Alfajri Zabidi, S.Pd, MM, M.Pd.I
Tati menambahkan, Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

“Berdasarkan hasil KSM tingkat provinsi ini, Juara pertama tiap cabang akan mewakili Sumsel di event serupa tingkat Nasional ditambah 16 besar berdasarkan peringkat secara Nasional tiap Cabang Mata Pelajaran dan akan berlangsung di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara 16-21 September 2019.

Melalui KSM diharapkan kompetisi ini mampu menyalurkan serta mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains sehingga menjadi manusia yang unggul dalam bidang IMTAQ & IPTEK serta mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional sehingga terwujud moto Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat. (Ajib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here