Beranda PALI Pertemuan Lintas Sektoral Kecamatan Abab

Pertemuan Lintas Sektoral Kecamatan Abab

41
0

Nusantara Satu-Pertemuan lintas Sektoral Kecamatan Abab dan Kecamatan Penukal Utara dalam menunjang Universal Health Coverage (UHC) jaminan kesehatan dan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Acara berlangsung dirumah makan Sejahtera, komplek Handayani Mulya, Kabupaten Penukal Abab lematang ilir (PALI) Dihadiri oleh Camat Penukal utara, Camat Abab,Kepala Desa Tanjung Baru, Kepala desa Prabu Menang, Kepala Desa Karang Agung, Kepala Desa Betung Abab, Selasa(18/6).

Plt (Pelaksana tugas) Dinas Kesehatan,(Dinkes) Kabupaten PALI, Idywirawan, MelaluI, Kasi Yankes Primer, Ernawati SKM, M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakan kegiatan pertemuan lintas sektoral ini, untuk mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat,dengan KIS dan JKSN warga pali dapat berobat gratis

“Kami undang Camat dan kepala desa agar bisa mengetahui prosedur tentang terdaftarnya masyarakat/ warga ke jaminan kesehatan, itu ada tahapan tahapan dan harus lengkap persyaratan nya, contoh ibu ibu yang sedang hamil,6 bulan jalan kehamilan nya harus sudah terdaftar yang pertama didinsos, lanjut ke disdukcapil baru masuk ke dinkes untuk BPJS Kesehatan, na dengan datang.nya kepala desa bisa memberi tahu warga nya bahwa untuk terdaftar BPJS harus Mengurus ke dua tahapan terlebih dahulu,agar tiba persalinan tidak dikenakan biaya,”ungkapnya.

Dijelaskan Erna bahwa program UHC Kabupaten PALI termasuk nomor tiga,BPJS yang didanai oleh pemerintah, pelayanan tersebut Bertujuan untuk Mensejahtrakan masyarakat dalam Berobat Secara Gratis.

“Di tingkat Kabupaten Pali ini termasuk nomor tiga, yang pertama Muba, kedua Muara Enim, dan ketiga Kabupaten kita, program ini adalah program dari pemerintah, dikucurkan melalui anggaran pusat, anggaran apbd dan anggaran kabupaten,”katanya

Lebih lanjut Erna menuturkan bahwa untuk jaminan kesehatan pihak nya bekerja sama dengan BPJS PALI.

” Menurut aturan dari Perpres nomor 08 tahun 2016 yang berbunyi optimalisasi kesehatan untuk seluruh warga negara Republik Indonesia, untuk itu kita menjalankan amanah dan aturan yang ada,”ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya pertemuan lintas sektoral kecamatan Penukal dan kecamatan abab, dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi kepala desa di dua kecamatan ini.

“Tidak hanya itu saja saran dan masukan mereka(kepala desa) akan kami terima dengan senang hati,” kata Erna lagi,”ujarnya. (Nanang Paulus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here