Beranda Sumsel Pemprov Sumsel Bangun 10 GOR di 10 Kabupaten dan Kota

Pemprov Sumsel Bangun 10 GOR di 10 Kabupaten dan Kota

72
0

Nusantara Satu-Turnamen Sepak Bola Piala Gubernur 2019 akan dimulai pada 31 Maret dan finalnya pada November 2019. Turnamen ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi Sepak Bola di Sumsel, Rabu (27/2).

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengatakan, berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 Tahun 2019 tentang sepakbola. Maka Pemerintah Provinsi Sumsel akan mengadakan turnamen Sepakbola U 20, piala Gubernur Sumsel. Hal ini untuk mengembangkan sepak bola.

“Begitu di programkan sejuta bola, lahir inpres tersebut.  Ide ini untuk menampung keinginan masyarakat yang senang bola.  Konologisnya yakni ternyata pemikiran kita selaras dengan pusat. Saat ini digodok,” katanya, di Griya Agung.

Menurutnya,  ini artinya pentingnya sepak bola.  Selama hidupnya, Inpres Sepkbola baru kali ini. Ini selaras sekali dengan program kita. Secara struktuktur leding sektor di Dispora,  kerjasama dengan Koni,  PSSI,  punggawa bola seperti Hendri Zainuddin dan Ferry Rotinsulu.

“Bahwa daerah mendukung pencapaian prestasi nasional,  dan internasional,  dari bibit lokal. Kedepan saya ingin ada piala gubernur tingkat nasional. Pemprov melaksankan piala Gubernur Sumsel,  untuk peningkatan prestasi Sepak Bola di Sumsel.  Turnamen ini tidak mengurangi kegiatan yang sudah teprogram  di Dispora,” ungkapnya.

Lebih lanjut Herman Deru menuturkam,  Turnamen Sepak Bola remaja U 20 tahun 2019 Piala Gubernur ini mengacu pada Inpres nomor 3 Tahun 2019.

“Tujuannya untuk mencapai pengembangan sistem kompetisi berjenjang di Sumsel. Yakni berjenjang dari tingkat desa.Bahkan  saya sudah buat surat edaran di setiap desa agar ada klub Sepak Bola. Pengembangan bakat Sepak Bola,  sebenarnya yang berbakat banyak tapi penyalurannya tidak gampang.Pengembangan prestasi yang berjenjang,” katanya.

Untuk mengembangkan Sepak Bola,  lanjut Herman Deru,  pihaknya membantu pembangunan 10 GOR di 10 kabupaten dan kota. Satu derah dapat bantuan Rp 10 miliar perkabupaten dan kota untuk pembangunan GOR.  Ini komitmen kita untuk pengembangan Sepak Bola. Piala gubernur ini,  Kick off di Muara Enim karena paling lengkap. Kicf off pada 31 Maret, dan pendaftarannya gratis di seluruh kantor Dispora. Sistem yang digunakan sistem gugur.

“Saya tidak ingin,  ini jadi ajang politik.  Ini pembinaan Sepak Bola di masyarakat. Harapan saya, jangan sampai niat baik kita satu klub bermain tidak sehat, kompetisinya ku stop,  warning aku akan berikan sanksi,” ungkapnya.

Ketua Peksana Hendri Zainuddin menambahkan,  pihaknya mengapreasiasi gagasan Gubernur Sumsel yang luar biasa ini.

“Juni nanti ada turnamen Sepak Bola yang memperlombakan 500 intansi antar  OPD.  Nanti juga ada perlombaan sepakbola antar BUMN,  BUMD dan swasta di Sumsel,” ujarnya. (M. Akip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here